KOMPONEN ANDROIDINTENT TENTANG INTENT
KOMPONEN ANDROIDINTENT
TENTANG INTENT
Intent adalah Mekanisme untuk melakukan sebuah action dan komunikasi antar komponen aplikasi misal activity, services, dan broadcast receiver. Ada tiga penggunaan umum intent dalam aplikasi Androidyaitu:
- Memindahkan satu activity ke activity lain dengan atau tidak membawa data.
- Menjalankan background service, misalnya melakukan sinkronisasi keserver dan menjalankan proses berulang (periodic/schedulertask).
- Mengirimkan obyek broadcast keaplikasi yang membutuhkan. Misal, ketika aplikasi membutuhkan proses menjalankan sebuah background service setiap kali aplikasi selesai melakukan booting. Aplikasi harus bisa menerima obyek broadcast yang dikirimkan oleh sistem Android untuk event booting tersebut.
Intent memiliki dua bentuk yaitu:
- ExplicitIntent adalah tipe Intent yang digunakan untuk menjalankan komponen dari dalam sebuah aplikasi. Explicitintent bekerja dengan menggunakan nama kelas yang dituju misal: ac.id.nusamandiri.activity.DetailActivity. Umumnya intent ini digunakan untuk mengaktifkan komponen pada satu aplikasi.
- Implicit Intent adalah tipe intent yang tidak memerlukan detail nama kelas yang ingin diaktifkan. Model ini memungkinkan komponen dari aplikasi lain bisa merespon request intent yang dijalankan. Penggunaan tipe intent ini umumnya diperuntukan untuk menjalankan fitur/fungsi dari komponen aplikasi lain. Contohnya ketika kita membutuhkan fitur untuk mengambil foto. Dari pada membuat sendiri fungsi kamera, lebih baik kita menyerahkan proses tersebut pada aplikasi kamera bawaan dari peranti atau aplikasi kamera lain yang telah terinstal sebelumnya diperanti. Hal yang sama misalnya ketika kita membutuhkan fungsi berbagi konten. Kita bisa memanfaatkan intent untuk menampilkan aplikasi mana saja yang bisa menangani fitur tersebut. Implementasi implicit intent ini akan sangat memudahkan bagi pengembang agar tetap fokus pada proses bisnis inti dari aplikasi yang dikembangkan.
Latihan Intent
Latihan ini menitik beratkan pada implementasi intent untuk melakukan perpindahan dari activity ke activity lain, dengan atau tidak membawa data. Beberapa bagian dari latihan ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum dalam pengembangan aplikasi Android sebagai berikut:
- Bagaimana berpindah dari satu activity ke activity lain?
- Bagaimana berpindah dari satu activity ke activity lain dengan membawa data?
- single value dari suatu variabel.Obyek model Plain Old Java Object (POJO).
- Menjalankan komponen diaplikasi lain untuk keperluan membuka browser atau melakukan pemanggilan melalui aplikasi telepon bawaan?
- Mengirimkan hasil nilai balik melalui Intent
LogikaDasar
Berpindah dari satu Activity ke Activity lain dengan membawa data. Activity asalakan mengirimkan data melalui Intent dan Activity tujuan akan menerima data yang dikirimkan.
1. Buat Project baru di Android Studio dengan kriteria sebagai berikut:
- Nama Project : AppBelajarIntent
- Target & Minimum Target SDK : Phone and Tablet, Api level 15
- Tipe Activity : Empty Activity
- Activity Name : Main Activity
2. Buatkan tampilan antar muka seperti disamping
e Selesai! Langkah pertama untuk memindahkan satu activity ke activitylain sudah selesai, sekarang silakan jalankan aplikasi Anda dengan mengklik tombol pada menu bar. Seharusnya sekarang anda sudah bisa memindahkan activitydengan mengklik tombol ‘Berpindah Activity’. Hasil:
Klik back maka kembali ketampilan awal
Tombol Ke 2
Sekarang saatnya menambahkan objek intent pada Main Activity. java seperti yang ditebalkan.
6. Silakan jalankan aplikasi Anda, kemudian coba klik pada tombol ‘Pindah Activity dengan Data’. Seharusnya Anda sudah bisa memindahkan satu activity ke activity lain dengan membawa data.
TOMBOL 3
POJO adalah sebuah kelas Java biasa yang tidak bergantung dengan kelas lain. Umumnya kelas POJO ini disebut sebagai kelas Java yang memiliki properti/variabel dan metodesetter-getter
Kegunaan:
POJO akan membantu kita saat aplikasi semakin kompleks. Contohnya POJO bisa kita gunakan untuk melakukan koneksi ke server untuk request API atau akses ke database lokal dengan SQLite. Selain POJO, Android juga memiliki obyek parcelable POJO. Obyek ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan pengiriman data dari satu activity ke activity lainnya.
Note: Untuk melanjutkan pembuatan tombol ke 3 sebelumnya setting penggunaan POJO. Langkah-langkahnya Lihat Modul.
Sekarang waktunya kita implementasikan pada intent. Namun sebelumnya tambahkan satu tombol lagi pada activity_main.xml sebagai berikut:
Sehingga activity_main.xml kita menjadi sebagai berikut :
Setelah selesai dengan layout xml, sekarang kita tambahkan (pada bagian yang ditebalkan) juga di kelas MainActivity. java sehingga menjadi sebagai berikut :
Buat Activity baru dengan nama Move With Objec tActivityl alu pada activity_move_with_object.xml
tambahkan satu buah TextView untuk menampilkan data yang dikirimkan.
Sekarang, pada Move With Object Activity.java tambahkan kodenya sehingga menjadi sebagai berikut:
Setelah kita membuat activity tujuan dengan sempurna, sekarang kita hanya butuh menambahkan beberapa baris pada bagian switch… case sebagai berikut:
Sehingga kode MainActivity.java kita menjadi sebagai berikut :
Setelah semua komponen selesai dibuat, saatnya menjalankan kembali aplikasinya. Cobalah menakan tombol 'Pindah Activity dengan Object'. Sekarang Anda sudah berhasil memindahkan satu obyek secara utuh, Selamat!
TOMBOL 4 (Intent Dengan Tipe Implicit)
Buka kembali activity_main.xml tambahkan satu tombol lagi sebagai berikut :
Sekarang, buka kembali MainActivity.java dan lanjutkan dengan melakukan casting tombol Dial Number, set listener dan menambahkan actionketika tombol diklik
Setelah selesai,silakan jalankan lagi aplikasi. Dan aplikasi yang digunakan bisa men-dial sebuah nomor telepon melalui aplikasi bawaan dari peranti yang dibuat.
Pada tombol ini, kita akan membedah hubungan activity dan intent dalam menerima nilai balik. Kadangkala, ketika kita menjalankan sebuah activity dari activity lain, kita mengharapkan ada nilai hasil balik dari activity yang dijalankan ketika ia ditutup. Contohnya kita memiliki activity A yang menjalankan activity B untuk melakukan sebuah proses. Lalu nilai hasil dari proses tersebut dikirimkan kembali ke activity A sebelum activity B ditutup dengan pemanggilan metodefinish(). Itulah yang dinamakan sebuah activity menerima nilai hasil balik dari activity yang diajalankan. Untuk memperjelas, ayo kita lanjutkan lagi proses ngodingnya.
Sekarang untuk menerapkan konsep diatas, buat sebuah activity baru dengan nama Move For Result Activity. Setelah itu, pada activity_move_for_result.xml silakan kondisikan layout kita dengan1 buah TextView, 1 buah Radio Group, 3 buah Radio Button dan 2 buah Buttonsebagai berikut :
Setelah selesai, lanjutkan ke berkas Move For Result Activity.java dengan menuliskan kode sebagai berikut :
Pada activity_main.xml tambahkan lagi satu Button dan satu Text View yang akan kita gunakan untuk menjalankan Move For Result Activity sebagai berikut:
Setelah selesai, kita lanjut garap berkas Main Activity.java. Buka berkasnya dan sesuaikan kodenya sebagai berikut.
Setelah selesai, pastikan tidak ada bagian kode yang tertinggal. Jalankan kembali aplikasinya, dan coba Anda pilih tombol ‘Pindah Activity untuk Result’. Pilih angka yang Anda suka dan lihat hasilnya. Di Main Activity.java sudah ada angka yang tadi Anda pilih di obyek textiew tv Result.
Komentar
Posting Komentar